Kerajaan-Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

1.Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur di tepi sungai Mahakam.Sumber Sejarah Kerajaan Kutai yaitu ditemukannya tujuh buah prasasti berbentuk Yupa yang ditulis dengan hurup Pallawa dan bahasa Sanskerta.Yupa adalah tugu batu peringatan yang digunakan untuk menambatkan hewan kurban.Sebenarnya Yupa merupakan peniggalan budaya Megalitikum bangsa Indonesia yaitu Menhir.

Dari isi parasati dapat diketahui bahwa raja pertama yang memerintah Kutai adalah Raja Kudungga.Setelah Raja Kudungga wafat,tahta kerajaan diberikan secara turun temuru.Pemerintahan KerajaanKutai digantikan oleh putrnya yaitu Asmawarman sebagi wamsakerta yaitu pembentuk keluarga (dinasti)

Kutai mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman.Raja Mulawarman memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana di Vaprakeswara (tempat untuk memuja dewa Siwa)dan rakyatnya hidup tentram dan sejahtera.Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa kerajaan Kutai merupkan kerajaanyang cukup kaya. Kehidupan Ekonomi rakyat Kutai berdasarkan pada pertanian,dan peternakan.Di samping itu juga perdagangan dengan memanfaatkan letaknya yang strategis berada di jalur pelayaran Selat Makassar.

2.Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara terletak di daerah Bogor,Jawa Barat. Mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Raja Purnawarman.Sumber sejarah kerajaan Tarumanegara ada dua macam yaitu berita dari Cina dan Sumber Prasasti

  1. Berita dari Cina dari Dinasti Tang menyebutkan adanya kerajaan yang bernama To-Lo-Mo yaitu Tarumanegara yang beberapa kalimengirim utusan ke Cina.
  2. Catatan Fa-Hienyang mengatakan ketika ia kembali dari India ke Cina melalui jalur laut dan singgah di bandar Tarumanegara. Pada bandar itu dia menemukan masyarakat yang telah memeluk agama Hindu.
  3. Sumber Prasasti yaitu:

1)      Prasasti Ciaruteun yang bercap sepasang tapak kaki.

2)      Prasasti Kebun Kopi yang terdapat gambar dua telapak gajah.

3)      Prasasti Tugu berisi tentang penggalian sebuah saluran sepanjang 6.112 tombak yang diberi nama Gomati,yang dilakukan pada masa ke- 22 pemerintahan Raja Purnawarman, setelah selesai di adakan selamatan diman Raja memberikan  hadiah 1.000 ekor sapi kepada para brahmana.

4)      Prasasti Lebak berisi memuji kebesaran Raja Puranawarman.

5)      Prasasti Jambu

6)      Prasasti Pasir Awi

7)      Prasasti Muara Cianten.

Kehidupan sosial masyarakat Tarumanegara sudah terjalin baik. Hal ini terbukti saat penggaalian saluran gomati. Kehidupan Ekonomi masyarakat Tarumanegara meliputi perdagangan, peternakan, dan pertanian.Penggalian sungai gomati memiliki arti penting untuk pertanian karena selain untuk mencegah banjir agar tidak merusak lahan pertanian, juga untuk irigasi .

3.Kerajaan Holing

Berita dari Cina menyebutkan letak Holing yaitu berbatasan dengan laut di sebelah selatan,Ta-hen-La di sebelah utara, Po-Li di sebelah timur, dan To-Po-Teng di sebelah barat.Nma lain dari Holing adalah Cho-Po(Jawa).Dapat disimpulkan bahwa letak Holing berada di pantai utara jawa tengah.

Sumber sejarah Kerajaan Holing adalah berita Cina catatan I-Tsing yang mengatakan bahwa seorang temannya bernama Hui-Ning dengan pembantunya yang bernama Yun-Ki pergi ke Holing (664-665 M)untuk belajar Agama Buddha. Ia juga menerjemahkan kitab agama buddha ke dalam bahasa Cina yang dibantu oleh pendeta mdari Holing yang bernama Janabadra.

Kerajaan Holin diperintah oleh seorang ratu Sima yang keras tetapi adil dan bijaksana.Menurut berita dari Cina,ia beberapa kali mengirim utusan ke Cina.Kerajaan Holing merupakan kerajaan yang cikup makmur.

4.Kerajaan Kanjuruhan.

 

Sekitar tahun 670 M,di Jawa Timur berdiri kerajaan Kanjuruhan, rajanya bernama Dewasingha yang berputra Limwa yang setelah menjadi raja bernama Gajahyana.Gajahyana telah memerintahkan pembangunan candi untuk sang Agastya yakni candi badut.

Kerajaan Kanjuruhan tidak mampu bertahan lama sebab ditaklukkan oleh Rakai Watukura dari kerajaan Mataram kuno di Jawa Tengah.Setelah takluk penguasanya dianggap sebagai raja bawahan dengan gelar Rakai Kanjuruhan.

5.Kerajaan Sriwijaya.

 

Pusat Kerajaan Sriwijaya terletak di tepi sungai Musi,Palembang.Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya ada dua macam yaitu sumber dari dalam negeri dan luar negeri.Berikut ini sumber dari dalam negeri.

  1. Prasasti kota kapur tahun 686 M berisi tentang usaha kerajaan Sriwijaya untuk menaklukkan Jawa yang tidak setia kepada Sriwijaya.
  2. Prasasti Talang Tuo tahun 684 M menjelaskan tentang pembuatan taman Sri Ksetra atas perintah raja Dapunta Hyang.
  3. Prasasti kedukan bukit tahun 683 M menyatakan bahwa Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci dengan perahu.
  4. Prasasti Telaga Batu menyatakan tentang kutukan bagi rakyat yang melakukan kejahatan dan tidak taat pada perintah raja.
  5. Prasasti Palas Pasemah menyatakan bahwa Sriwijaya menundukkan lampung sejak akhir abad VII.
  6. Prasasti Karang Berahi tahun 686 Myang isinya menyatakan permintaan kepada dewa agar menjaga kerajaan Sriwijaya dan menghukum setiap orang yang bermaksud jahat.

Berikut ini sumber sejarah yang berasal dari luar negeri.

  1. Prasasti Ligor tahun 775 M di temukan di Semenanjung Malaya.
  2. Prasasti Nalanda di temukan di India menjelaskan tentang pemberian sebidang tanah dari raja Dewapaladewa kepada Sriwijaya, dan Balaputradewa mendirikan Vihara bagi kepentingan para peziarah Sriwijaya yang datang ke Nalanda untuk mendalami agama Buddha.
  3. Berita Cina yatiu catatan I-Tsing yang menyebutkan pada tahun 671 M ia singgah di Sriwijaya dalam perjalanannya ke India dan berhasil menerjemahkan kitab-kitab agama Buddha.

Sriwijaya mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Raja Balaputradewa.Berikut ada beberapa faktor yang mendorong kejayaan Sriwijaya.

  1. Letak Sriwijaya sangat strategis yaitu berada di jalur lalu lintas perdaganagan antara Cina dan India.
  2. Majunya aktivitas pelayaran dan perdagangan antara India dan Cina menyebabkan banyak kapal dagang yang singgah di Srieijya.
  3. Memiliki armada laut yang kuat sehingga mampu menjamin keamana di wilayah kekuasaanya.
  4. Melayani berbagai distribusi ke wilayah Nusantara.
  5. Runtuhnya kerajaan Funan di Indocina memberikan peluang bagi Siriwijaya untuk mengambil alih peran sebagai pusat perdagangan di Asia Tenggara.

Pada masa pemerintahan Balaputradewa,Sriwijaya memainkan beberapa peranan penting berikut.

  1. Sebagai negara maritim

Sriwijaya merupakan negara yang mengutamakan pelayaran dan perdagangan.Letak Srwijaya yang sangat strategis dan dekat dengan selat Malaka yang merupakan penghubung antara pedagang Cina dan pedagang dari India maupun Romawi.

  1. Sebagai pusat agama Buddha

Berkembangnya Agama Buddha di Sriwijaya di sebabkan oleh hubungan baik kerajaan Sriwijaya dengan kerajaan di India.Pada masa pemerintahan raja Balaputradewaagama buddah dijadikan sebagai agama negara.Beberapa bukti bahwa Sriwijaya menjadi pusat agama Buddha yaitu:

1).banyak pendeta cina yang belajar di Sriwijaya antara lain I-Tsing

2).Atisa dari Tibet belajar agama Buddha pada pendeta Dharmapala dan

Sakyakirti.

3).di bukit Siguntang terdapat arca Buddha.

4).di Riau terdapat Candi Muara Takus.

c. Sebagai negara nasional yang pertama.

Wilayah Sriwijaya sangat luas yaitu sebagian besar Sumatra,dan Bangka,Jawa Barat,sebagian Tanjungpura (Kalimantan bagian barat daya),dan semenanjung Malaya.

Sejak abad ke-11,pamor Sriwijaya mulai pudar ada beberapa faktor yang menyebabkan kemunduran Sriwijaya yaitu:

1).banyak daerah bawahanyang melepaskan diri

2).serangan pasukan Dharmawangsa pada tahun 990 M

3).serangan raja Rajendra Coladewapada tahun 1023,1030,dan 1068 M

4).ekspedisi pamalayu dari kerajaan Singasari pada tahun 1275 M

5).ekspansi Majapahit di bawah pimpinan Gajah Mada tahun 1337 M

5.Kerajaan Mataram Kuno.

Kerajaan Mataram Kuno terletak di Jawa Tengah,muncul beberapa saat setelah Keraan Holing.Ibu Kota kerajaan Mataram Kuno bernama Medang Kamulan (sekitar daerah Kradenan,grobogan).Daerah kerajaan ini dikenal dengan nama Bhumi Mataram.Dinasti yang pernah berkuasa di Mataram Kuno adalah dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra.Sumber sejarah Kerajaan Mataram Kuno yaitu:

a)      Prasasti Canggal tahun 732 M.Dibuat pada masa pemerintahan Raja Sanjaya berkaitan   dengan pendirian lingga,yang berarti mendirikan kerajaan.

b)      Prasasti Balitung atau prasasti Mantyasih tahun 907 M.Dikeluarkan oleh raja Balitung.Isinya terdapat raja-raja Mataram dari dinasti Sanjaya dan menyebutkan bahwa Sanjaya adalah raja pertama yang memerintah di Mataram.

c)      Prasasti Kalasan tahun 776 M.yang berisi Raja Panangkaran mendirikan bangunan suci Ummat Buddha untuk Dewi Tara dan pendeta yang sekarang dikenal dengan nama Candi Kalasan.

d)      Prasasti Kekurak tahun 782 M. berisi dewa Indra mendirikan bangunan suci dan arca Manjusri yang sekarang dikenal dengan nama candi Sewu.

e)      Prasasti Karang Tengah tahun 824 M.berisi Raja Samaratungga mendirikan bangunan suci di Wanuwana(Candi Ngawen).Selain itu Pramowardani membebaskan pajak tanah disekitar bangunan suci untuk pemeliharaan Kamulan di bumi Shambara ( Borobudur)

Pemerintahan di Mataram dipegang oleh dua Dinasti Yaitu Dinasti Sanjaya menganut agama Hindu dan Dinasti Syailendra menganut agama Buddha.

a.Dinasti Sanjaya

Sebelum Sanjaya raja pertama yang memerintah di Mataram adalah Raja Sanna.Setelah Raja Sanna meninggal,ia digantikan oleh Sanjaya.Hal ini diketahui dari Prasasti Canggal dan Prasasti Kedu.Sanna digantikan oleh Rakai Panangkaran.Pada saat Panangkaran terdapat toleransi antara abama Hindu dan Buddha.Hal ini terlihat pada prasasti Kalasan ayang menjelaskan bahwa Panangkaran yang beragama Hindu membangun bangunan suci ummat Buddha uantuk memuja Dewi Tara dan sebuah vihara untuk pendeta Buddha.

Dinasti Sanjaya yang bercorak Hindu membangun candi Gedong Songo dan candi Dieng di pegunungan Dieng.

b.Dinasti Syailendra

Pusat kekuasaan Dinasti Syailendra berada di Jawa Tengah bagian Selatan.Dinasti Syailendra mencapai kejayaan pada masa pemerintah indra yang membawa Mataram menjadi kerajaan Maritim Agraris.Pada masa pemerintah Samaratungga berhasi membangun candi borobudur.

Dinasti Sanjaya dan Syilendra dapat bersatu dengan adanya perkawinan antara Rakai pikatan dari Dinasti Sanjaya dengan Pramowardani dari dianasti Syailendra.Pada masa ini,Rakai Pikatan membangun candi agama Hindu dan Buddha yaitu candi Prambanan dan candi Plaosan (Lor dan Kidul) Rakai Pikatan menekan istrinya untuk menuntut hak tahta Syailendra.Perang saudara tidak dapat dihindarkan dan Balaputradewa melarikan diri ke Sumatra.Dinasti Syailendra berada di bawah kekuasaan dinasti Sanjaya.

Pengganti Rakai Pikatan adalah Balitung,Tuladong,Wawa,dan Mpu Sindok.Pada masa pemerintahan Mpu Sindok,Pemerintahan dipindahkan ke Jawa Timur yang berpusa di Medang Kamulan dengan memebentuk Dinasti Isyana.Ada beberapa alasan mengapa Mataram Kuno dipindahkan ke Jawa Timur yaitu:

1).Mataram kuno diancam serangan dari Sriwijaya

2).Terjadinya bencana Alam yaitu gunung Merapi meletus

3).Mencari daerah yang letaknya strategis untuk perdagangan yaitu di lembah          sungai Brantas.

Kehidupan sosial masyarakat Mataram Kuno dilandasi oleh kehidupan Religius dan semanagat gotong royong.Alasannya dengan jumlah penduduk sedikit dapay membangun candi cukup banyak.Kehidupan ekonomi Mataram bersumber pada pertanian.

7.Kerajaan Medang Kamulan

Kerajaan Medang Kamulan terletak di daerah Jawa Timur (di muara sungai Brantas),dan beribu kota di Watan Mas.Didirikan oleh Mpu Sindok setelah memindahkan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur dan mendirikan Dinasti Isana.Diperintah oleh Dinasti Isana selama satu abad sejak tahun 929 M.

Sumber sejarah Kerajaan Medang Kamulan antara lain Prasasti Calcuta yang menyatakan tentang silsilah Keturunan Raja Mpu Sindok sampai Raja Airlangga.selain itu ada berita dari India yang menyatakan bahwa sriwijaya menjalin menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan di India untuk membendung serangan dari Medang Kamulan pada masa pemerintahan Raja Dharmawangsa.

Medang Kmulan mencapai kejayaan pada masa pemerintahan raja Dharmawangsa.Ia bercita-cita menguasai jalur perdagangan,dan pelayaran Nusantara yang wktu itu dikuasai oleh Sriwijaya.Upaya itu diwujudkan dalam penyerbuanke Sriwijaya dan Malaka tahun 991 Mnamun mengalami kegagalan,sebagai balasannya,pada tahun 1016 M kerajaan Wora-Wari (bawahan Sriwijaya) menyerang Medang Kamulan.Akibatnya medang Kamulan mengalami Pralaya (kehancuran).Seluruh kerabat istana tewas,kecuali Airlangga yang berhasil melarikan diri bersama istri dan pengikutnya yang bernama Narotama.

Setelah mendapat Gemblengan,Airlangga menjadi Raja.berikut ini beberapa upya yang dilakukan Airlangga saat menjadi Raja.

  1. Memulihkan kembali kewibawaan Medang Kamulan,dengan menaklukkan raja-raja yang dulu menjadi bawahan Dharmawangsa seperti Bisaprabhawa,Wengker,dan Wora-Wari.
  2. Meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan tindakan sebagai berikut.

1).Memperbaiki Pelabuhan Ujung Galuh yang letaknya di muara Sungai Brantas

2).Membangun Waduk Waringin Sapta untuk mencegah banjir musiman

3).Membangun jalan-jalan yang menghubungkan pesisir dengan pusat kerajaan

Kehidupan politik kerajaan Medang kamulan lebih diarahkan ke dalam negeri yaitu meningkatkan kemakmuran.Kebijakan itu berubah sejak Dharmwangsa berkuasa yaitu lebih banyak terarah ke luar negeri.Tujuannya adalah merebut dominasi perdagangan di perairan Jawa,Sumatra dan Kalimantan.Pada masa Airlangga,politik dititikberatkan pada hubungan damai demi kesejahteraan rakyatnya.

Kehidupan ekonomi Medang Kamulan mengarah pada perdaganngan dan pelayaran.Sungai Brantas dan Bengawan Solo menjadi jalur perdagangan.Corak perekonomian berubah dari daerah pertanian ke ke perdagangan Nusantara.Masa pemerintahan Airlangga dibuka pelabuhan Ujung Galuh dan kembang Putih.Dibangun pula tanggul sungai Brantas di Waringin Sapta untuk kepentingan pertanian.

Pewaris tahta kerajaan Medang Kamulan seharusnya putrinya yang bernama Sri Sanggramawijaya yang terlahir dari permaisuri.Tetapi karena lebih memilih menjadi pertapa,maka tahta Medang Kamulan diserahkan kepada putra yang terlahir dari selir.Untuk menghindari perang saudara,Medang Kamulan dibagi menjadi dua yaitu   Kerajaan Jenggala dengan Ibu Kota di Kahuripan dan kerajaan Panjalu (Kediri)dengan ibu kota Daha.Pembagian dilakukan oleh Mpu Barada dan sebagai batasnya adalah sungai Brantas.

8.Kerajaan Kediri.

 

Kerajaan Kediri terletak di tepi sungai Brantas,Jawa Timur beribu kota di Daha. Sumber sejarah kerajaan Kediri antara lain prasasti Ngantang yang berisi Raja Jayabaya memberikan hadiah sebidang tanah yang terbebas dari pajak kepada rakyat desa Ngantang.Raja-raja yang memerintah kediri yaitu:

  1. Jayaswara
  2. Bameswara,memerintah tahun 1115-1130 M.Ia dikenal sebagai Raden panji Asmarabangun dan permaisurinya Sri Kiranavatu atau Dewi Candra kirana.Ia menetapkan lambang kerajaan berupa Candrakapala (tengkorak bertaring) kisah  perjalanan hidup tersebut ditulis oleh Mpu Darmaja dalam kitab Smaradahana.
  3. Jayabaya.Pada masa ini Kediri mencapai kejayaan terutama dalam bidang sastra.Ditulis kitab Hariwangsa dan Gatotkacasraya.Ia juga dikenal dengan sebagai ahli nujum dengan karangannya yang terkenal yaitu “Jangka Jayabaya”yaitu tentang ramalan keadaan Pulau Jawa dimasa depan.
  4. Kameswara,pada masa ini ditulis kitab Wretasancaya,Smaradahana,dan Lubdaka.
  5. Sarweswara
  6. Aryeswara
  7. Kertajaya,merupakan raja terakhir Kediri akibat serangan Ken Arok pada pertempuran di desa Ganter pada tahun 1222 M.

Zaman Kediri mempunyai corak tersendiri dibandingkan zaman sebelumnya,perbedaan itu antara lain:

a.   berkembangnya agama Hindu aliran Weisnawa;

b.   terjadi perubahan perkembangan hurup ke bentuk persegi

c.   tidak meninggalkan bekas-bekas percandian,akan tetapi karya sastra

d.   adanya kebiasaan raja memakai lambang.

Peniggalan sejarah Kerajaan Kediri,antara lain Prasasti Pandeglang,Prasasti Penumbangan,prasasti Hantang,Prasasti Talan,Prasasti Jepun,Prasasti Kahyunan,Prasasti Weleri,Prasasti Angin,dan Prasasti Semanding.Selain itu juga ada kitab smaradahana,Bharatayuda,Hariwangsa,Gatotkacasraya,dan Sumanasantaka.

9.Kerajaan Singasari.

Kerajaan Singasari berdiri pada tahun 1222 M.di sekitar Mojokerto,Jawa Timur.Kerajaan Singasari berdiri diawali dari keberhasilan Ken Arok membunuh Akuwu Tunggul Ametungdi Tumapel.Ken Arok semakin kuat setelah ia mampu mengalahkan Kertajaya di desa Ganter.Kemudian ia mendirikan dinasti Rajasa (Rajasawangsa) atau Girindrawangsa dan mendirikan Kerajaan Singasari.Berikut ini sumber sejarah kerajaan Singasari:

  1. Kiatab Pararaton menguraikan tentang kehidupan Ken Arok.
  2. Kitab Negarakertagam,yang memuat silsilah raja-raja Majapahit yang berhubungan erat dengan raja-raja Singasari.
  3. Bangunan candi yang menjadi makam-makan raja Singasari seperti candi Kidal,candi Jago,candi Singasari,dan candi Jawi
  4. Berita cina yang menyatakan bahwa Kaisar Kubilai Khan mengirim pasukannya untuk menaklukkan Singasari.
  5. Arca seperti patung Amogapasa dan Joko Dolok yang merupakan perwujudan dari Kertanegara.

Berikut ini raja-raja yang memerintah singasari:

a.   Ken Arok (1222-1227)

Ia merupakan pendiri Singasari yang juga dinasti Girindrawangsa.Pendirian dinasti ini bertujuan untuk memebersihkan masa lalu Ken Arok.Pada masa pemerintahannya,Ken Arok mengembangkan wilayah singasari hingga seluruh jawa Timur

b.   Anusapati (1227-1248)

Kekuasaanya diperoleh setelah membunuh ayah tirinya,Ken Arok.Kekuasaanya tidak lama karena dibunuh oleh Tohjaya.Ia didarmakan di Candi Kidal

         c.   Tohjaya (1248)

Pada masa pemerintahannya terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh Ranggawuni dan Mahesa Cempaka.

d.   Wisnuwardana (1268-1292)

Setelah berhasil menggulingkan Tohjaya,Ranggawuni berhasil naik tahta dengan gelar wisnuwardana.Ia mengangkat Mahesa Cempaka menjadi Ratu Angabhayadan bergelar Narasinghamurti.Pada masa pemerintahannya terjadi pemberontakan Mahibit yang dilakukan oleh Linggapati karena tidak puas dengan penyatuan Kerajaan singasari dan kediri.hal ini terjadi karena adanya perkawinan antara Wisnuwardana (Singasari) dan Waning Hyun (Kediri).Setelah wafat Wisnuwardana di makamkan di Candi Jago.

    e.  Kertanegara.

Pada masa pemerintahannya singasari mengalami masa Kejayaan

Tindakan yang dilakukan oleh Kertanegara yaitu:

1).     Mengangkat Apanji Aragani menggantikan patih Raganata yang sudah tua

2).     Mengangkat Arya wiraraja menjadi adipati Madura

3).     Raden Wijaya keturunan Lembu Tal dijadiakan menantunya.

4).     Berbuat baik terhadapa lawan politiknya antara lain jayakatwang keturunan Kediri diangkat menjadi raja kecil di Kediri.

5).     Memperkuat angkatan perang.

6).     Mempersatukan nusantara dengan Ekspedisi Pamalayu dengan maksud aga melayu mengakui kekuasaanya .

7).     Dalam politik luar Negeri,ia berusaha memperkuat pertahanan Singasari dalam menghadapi serangan Kubilai Khan.

8).     Mengganti nama ibukota Kutaraja menjadi Singasari.

Kubilai khan mengirim utusan kepada Kertanegara agar tunduk kepada Mongol yaitu tahun 1280,1281,dan 1289. Namun Kertanegara tidak mai tunduk bahkan mengirim kembali utusan Kubilai khan setelah dipotong telinganya. Tindakan itu membuat Kubilai Khan marah dan menyiapkan pasukannya untuk menyerang Singasari.Namun ketika Kubilai Khan datang ke Jawa,Kertanegara sudah gugur karena serangan Jayakatwang pada tahun 1292 M. Setelah wafat Kertanegara dimakamkan di dua tempat yaitu di candi Singasari dan candi Jawi.Wafatnya Kertanegara mengakhiri kejayaan Singasari.

Berikut ini sebab-sebab runtuhnya Singasari.

  1. Penghianatan ardaraja(cucu Kertajaya) yang mempunyai dendam terhadap Ken Arok.
  2. Penyerangan Jayakatwang yang ingin menguasai Singasari untuk membalas kehancuran Kediri.
  3. Kertangara terlalu menitikberatkan pada usaha perluasan wilayah di luar pulau Jawa dan kurang memperhatikan politik dalam negeri.
  4. Kertanegara terlailu percaya kepada lawan-lawan politiknya.

Kehidupan politik Singaari diwarnai dengan kudeta berdarah.Kehidupan Ekonomi Singasari bersumber dari pertanian dan perdagangan karena dilaluai sungai Brantas dan bengawan Solo.

10.Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293 M.Berdirinya Majapahit tidak terlepas dari peristiwa runtuhnya Singasari.Tokoh yang merintis berdirinya Majapahit adalah Raden Wijaya.Saat Singasari mengalami keruntuhan karena diserang Jayakatwang,Raden Wijaya berhasil meloloskan diri.Atas anjuran Arya Wiraraja,Raden Wijaya menyerahkan diri kepada Jayakatwang.Setelah menyerahkan diri Raden Wijaya diperbolehkan membuka hutan tarik yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya majapahit.

Sumber sejarah Kerajaan Majapahit yaitu:

a.   Prasasti Butakyang mengisahkan peristiwa runtuhnya singasari dan perjuangan Raden Wijaya

mendirikan Majapahit.

b.   Kitab Pararaton yang menceritakan raja-raja Singasari dan Majapahit.

c. Kitab Negarakertagama yang menceritakan keadaan Majapahit terutama pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk.

d.  Kitab Sutasoma karangan Empu Tantular.

Berikut raja–raja yang pernah memerintaha Majapahit.

a.Raden Wijaya (1293-1309)

Raden Wijaya naik tahta pada tahun 1292 M.dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.Untuk memperkuat kedudukannya,Raden Wijaya memperistri keempat putri Kertanegara dan menegaskan bahwa tahta Majapahit merupakan kelanjutan singasari.

Pada masa pemerintahannya terjadi pemberontakan Ronggolawe tahun 1295 dan pemberonyakan sora tahin 1300 M.Pemberontakan Ronggolawe muncul karena Ronggolawe ingin menjadi patih dan iri dengan pengangkatan Nambi sebagai patih.Sedang pemberontakan Sora muncul karena fitnah Mahapatih yang menjadi patih.Kedua pemberontakan tersebut dapat dipadamkan.Raden Wijaya wafat dan dimakamkan di Antahpura dan candi Simping

b.Kala Gemet bergelar Sri Jayanegara (1309-1328)

Pada masa pemerintahannya terjadi beberapa pemberontakan yaitu pemberontakan Juru Demung (1313),Gajah Biru (1314),Nambi (1316),dan Kuti (1319).Kuti merupakan pemberontakan paling berbahaya karena mampu menduduki ibukota dan istana Majapahit.Akibatnya Jayanegara beserta kerabat istana harus mengungsi ke Desa bedander sehingga dikenal pula dengan peristiwa Bedander. Pada umumnya pemberontakan disebabkan oleh rasa tidak senang terhadap Jayanegara dan merasa jayanegara tidak pantas menjadi Raja.

Dalam kemelut tersebut tampil Gajah Mada (seorang bekel Bhayangkari)untuk memadamkan pemberontakan Kuti.Pada tahun 1328 Jayanegara dibunuh oleh tabibnya sendiri yaitu Tanca dan kemudian dimakamakan di candi Sanggapura,Kapopongan.

c.Tribhuwanatunggadewi (1328-1350)

Terjadi pemberontakan Sadeng dan Kerta,namu berhasil ditumpas oleh Gajah mada.Atas jasanya,Patih Mangkubumi Arya Tadah mengusulkan kepada Ratu agar Gajah Mada diangkat menjadi patih menggantikan dirinya.Pada masa dilantik,Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa.

d.Hayam Wuruk(1350-1389)

Hayam Wuruk dan Gajah Mada merupakan dwitunggal yang membawa Majapahit menuju puncak Kejayaan,persatuan Nusantara hampir dapat diwujudkan,namun sampai ternodai dengan adanya peristiwa Bubat tahun 1357.Menurut Negarakertagama,kekuasaan Majapahit meliputi Sumatera,Semenanjung melayu,Kalimantan,Jawa,Sulawesi,Nusa Tenggara,Papua dan beberapa daratan di Asia tenggara.Hayam Wuruk menerapakan politik yang berwawasan Cakrawala mandala yang artinya perluasan wilayah Majapahit.Majapahit mempunyai sistem ketatanegaraan yang teratur.

Kemunduran majapahit diawali dengan Wafatnya Gajah Mada tahun 1364 M.Majapahit semakin suram dan kerajaan kembali diisi dengan kemelut politik berupa perang saudara dan pemberontakan.Beberapa faktor penyebab kemunduran yaitu:

1.Sepeninggal Hayam Wuruk dan Gajah Mada,tidak ada lagi pemimpin yang cakap.

2.Terjadinya persengketaan kelurga yang berlarut-larut yang disebut perang Paregreg.

3.Terjadi kekosongan kekuasaan sepeninggal Rasawardana.

4.Banyak daerah bawahan yang melepaskan diri.

5.Muncunya kerajaan Islam Demak dan Malaka yang mengambil alih pusat perdaganagan di Nusantara.

e.Wikramawardhana (1389-1429)

Wikramawardhana adalah suami dari Kusumawardhani (putri Hayam Wuruk).Kekuasaanya mendapat perlawanan dari Bhre Wirabumu karena ia hanya seorang menantu.Maka terjadi perang Paregregtahun 1401-1406.

Raja Hayam Wuruk dan Gajah Mada selalu berusaha untuk menjalankan politik bertetangga baik dengan kerajaan di sekitarnya seperti Cina Ayodya(Siam),Champa,dan Kamboja.hubunga tersebut dikenal dengan Mitreka Satata.Kehidupan dikerajaan Majapahit merupkan kerajaan agraris maritim.Agraris karena terletak didekat aliran Sungai dan pertanian yang sangat pesat,sedang maritim tampak dari angkatan lautnya.

.          The End