HEMAT ENERGI, HEMAT BIAYA

Yang dimaksud dengan hemat energi dan hemat biaya adalah mempergunakan energi  yagn ada dengan seperlunya saja atau secukupnya saja, karena energi yang kita pergunakan tersebut tidak dapat diperbaharui maka sudah seharusnya kita pergunakan dengan sehemat mungkin, dengan otomatis apabila kita menghemat energi maka dengan demikian biaya yang kita keluarkan pun akan hemat.

Contoh dari energi yang perlu kita hemat adalah listrik, listrik adalah suatu energi yang keberadaanya tidak dapat di lihat hanya dapat di rasakan manpaatnya saja, listrik ini sangat penting dan cukup berpengaruh dalam kelangsungan hidup manusia di bumi, karena pada masa sekarang ini listrik berperan penting dalam membantu pekerjaan sehari-hari.

Untuk mendapatkan listrik manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit listrik, contohnya PLTN, PLTS, PLTU,  dan PLTA. Dimana masing masing pembangkit listrik ini dibuat dengan biaya yang cukup besar. Dari pembangkit listrik inilah kita mendapatkan listrik yang diperlukan untuk kehidupan kita, dengan demikian sudah sepantasnya kita melakukan penghematan terhadap listrik yang sudah ada.

Keberadaan energi listrik ini juga memakan biaya yang tidak kecil bagi perekonomian kita, contohnya kita harus membayar sekian banyak uang untuk mendapatkan aliran listrik ke rumah kita, dari itu dapat kita simpulkan apabila kita memboros-broskan pemakain listrik maka otomatis kita juga boros terhadap biaya, karena semakin banyak listrik yang kita pergunakan maka biayanya pun besar dan begitupun sebaliknya.

Maka dari itu mulai sekarang dan seterusnya marilah kita melakukan penghematan  terhadap energi listrik dengan cara

  1. Tidak menyalakan lampu pada siang hari
  2. nyalakan lampu apabila diperlukan saja
  3. lampu dinyalakan maksimal 10 jam
  4. pergunakan listrik dengan se-optimal mungkin.